Latest News

16 Macam Kepribadian Manusia Menurut 3 Para Andal | Smp Pilpay

Kepribadian ialah cara setiap individu tampil dan menampilkan kesan bagi individu-individu lainnya. Setiap insan mempunyai kepribadian yang berbeda tergantung pada sifat-sifat yang dimilikinya. Berikut ialah macam-macam kepribadian insan menurut para ahli. Harap diingat bahwa tidak ada yang namanya kepribadian terbaik dan terburuk. Semuanya mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pelajari juga: Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (Materi Ringkasan Sosiologi)

Kepribadian ialah cara setiap individu tampil dan menampilkan kesan bagi individu 16 Macam Kepribadian Manusia Menurut 3 Para Ahliseni yang tinggi. Bahkan terkadang menjadi sangat penyendiri dan tertutup dengan siapapun. Dia kurang nyaman saatu bertemu dengan orang lain. Orang yang bertipe ibarat ini biasanya cocok menjadi seniman.

1.5. Observer / Thinker / Investigator

Baca juga: Naskah Tugas Sosiologi: Kepribadian

Orang yang berkepribadian observer mempunyai sifat sangat ingin tau , bisa berkonsentrasi bahkan dengan hal yang sangat rumit , mempunyai cara pandang yang berbeda , sanggup bangkit diatas kaki sendiri , inovatif , dan inventif (mampu menciptakan sesuatu. Secara fisik , ia mempunyai otak cerebral yang kuat. Dia bahkan terkadang terlalu asik dengan konsep dan gagasannya sendiri juga seringkali suka menyendiri. Orang yang berkepribadian ibarat ini cocok menjadi investigator (detektif) atau penemu.

1.6. Loyalist / Pessimist

Orang yang berkepribadian loyalist mempunyai sifat sangat bertanggungjawab , pekerja keras , lebih suka cari kondusif , kurang inovatif , kurang percaya diri , tidak bisa mengambil keputusan , dan pesimis. Terkadang bahkan terlalu pesimis dan takut bakal perubahan. Orang ibarat ini biasanya takut berinovasi sehingga lebih cocok bekerja di sektor formal atau menjadi asisten.

1.7. Generalist / Optimist / Adventure

Orang yang berkepribadian generalist mempunyai sifat bersemangat , terbuka , suka kesibukan , berjiwa impulsif , selalu optimis , sangat suka hal gres , dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Namun ia terkadang kurang disiplin , kurang bersabar , dan kurang fokus. Orang yang berkepribadian generalis cocok menjadi petualang , fotografer , atau menjadi pembawa jadwal petualangan.

1.8. Challenger / Leader / Boss / Protector / Intimidator

Orang yang berkrepribadian challenger mempunyai sifat suka memimpin , berani menghadapi tantangan , melindungi pengikutnya , suka memerintah , bicara langsung ke inti , percaya diri , dan dominan. Terkadang dia bahkan menjadi terlalu egois , terlalu mendominasi , merasa harus mengendalikan semuanya , dan temperamen (mudah marah/emosi). Orang yang berkepribadian challenger cocok menjadi pemimpin , manajer/CEO , atau perwira.

1.9. Peacemaker / Mediator / Accomodator

Orang yang berkepribadian peacemaker mempunyai sifat suka melerai , suka perdamaian , penyabar , menghindari konflik , tidak suka berselisih , bisa mempercayai orang lain , easygoing , dan toleran. Orangnya juga cukup kreatif dan optimis. Namun ia juga terkadang keras kepala.

2. Kepribadian Manusia Menurut Carl Jung

Baca juga: Tahap-Tahap Perkembangan Kepribadian (Materi Lengkap)

Carl Jung ialah seorang dokter psikologi dari Swiss. Dia membedakan kepribadian insan menjadi tiga yaitu introvert , ambivert , dan ekstrovert. Namun , diantara ketiga kepribadian tersebut , hanya dua yang populer yaitu introvert dan ekstrovert. Disini juga tidak ada kepribadian yang terbaik dan terburuk. Berikut ialah kepribadian insan menurut Carl Jung:

2.1. Introvert

Introvert ialah kepribadian yang cenderung berfokus pada dunia di dalam pikiran manusia. Orang introvert hanya bersenang-senang dengan dunianya sendiri dan tertutup dengan orang lain. Lebih suka berpikir kritis , namun tidak pernah menyuarakan pikirannya tersebut. Sifat yang dimiliki kepribadian introvert ialah penyendiri , pemalu , suka berpikir , lebih suka bekerja/melakukan sesuatu sendirian , suka berimajinasi , susah bergaul , dan jarang bercerita. Orang introvert lebih suka berinteraksi hanya dengan satu orang. Ketika ada satu orang lagi tiba , dia diam dan mereka berdua tetap berbicara. Meski begitu , mereka biasanya sangat aktif di internet. Internet seolah menjadi anugerah bagi introvert. Orang introvert biasanya bakal menjadi entrepreneur yang hebat atau bahkan bisa menjadi inovator.

2.2. Ambivert

Ambivert ialah kepribadian yang berada diantara introvert dan ekstrovert. Maksudnya yaitu , orang itu bisa menjadi ekstrovert dan bisa juga menjelma introvert. Sehingga orang tersebut lebih fleksibel dalam beraktifitas jikalau kepribadiannya ini bisa ia kelola dengan baik. Dia juga bisa berkomunikasi baik dengan orang introvert maupun ekstrovert. Ada juga yang sering memberikan bahwa orang ambivert ialah orang yang mempunyai kepribadian ganda.

Baca juga: 13 Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Ganda

2.3. Ekstrovert

Ekstrovert ialah kepribadian yang berfokus dengan dunia luar. Kepribadian ini tentu berlawanan dengan introvert yang cenderung tertutup. Orang berkepribadian ekstrovert sangat mudah berkomunikasi dengan orang lain dan mudah pula untuk bergaul. Tindakannya lebih banyak daripada berpikir. Dia juga lebih suka keramaian ketimbang kawasan yang sunyi. Sifat yang dimiliki antara lain aktif , percaya diri (bahkan berlebihan) , suka bekerja kelompok , supel (gampang bergaul) , senang beraktifitas , lebih suka bercerita daripada diceritakan , dan bertindak dulu gres berpikir.

3. Kepribadian Manusia Menurut Hippocrates

Hippocrates ialah seorang filsuf Yunani Kuno. Dia membedakan kepribadian menjadi empat yaitu sanguin , koleris , melankolis , dan plegmatis. Pembedaan tersebut didasarkan fatwa Hippocrates bakal unsur. Dia memberikan bahwa alam semesta ini terdiri dari empat unsur dasar yaitu tanah , air , udara , dan api dengan sifat kering , berair , hambar , dan panas. Berikut ialah penjelasan kepribadian insan menurut Hippocrates. Tidak ada kepribadian yang terbaik maupun terburuk.

3.1. Sanguin

Sanguin ialah kepribadian insan dengan sifat suka bicara , sangat mudah bergaul , suka mengikuti demam isu , suka membesar-besarkan suatu hal , suara/tawa yang kadang berlebihan , mudah mengikuti suatu kelompok , sering terlambat , pelupa , sedikit kekanak-kanakan , egois , dan susah konsentrasi. Biasanya orang yang bertipe sanguin bakal terlihat mencolok dibandingkan anggota kelompok yang lain , meskipun ia bukan pemimpin kelompok tersebut.

3.2. Koleris

Koleris ialah kepribadian insan dengan sifat suka mempimpin , bisa menciptakan keputusan , dinamis , berkemaian keras , keras kepala , tidak sabaran , mudah emosi , suka kontradiksi , bekerja keras , suka kebebasan , sulit menyerah , suka memerintah , produktif , suka kerja efisien , dan mempunyai visi ke depan yang bagus. Orang yang berkepribadian koleris bakal menjadi pemimpin dalam kelompoknya. Jika misalnya dalam kelompok tersebut sudah ada pemimpin , maka dia bakal berani menentang pemimpin tersebut atau pergi menciptakan kelompok baru.

3.3. Melankolis

Melankolis ialah kepribadian insan dengan sifat analitis , sensitif , mau mengorbankan diri , pendendam , selalu melihat problem dari sisi negatif , kurang bisa bergaul (bersosialisasi) , tidak suka perhatian , irit , perfeksionis , artistik , serius , sangat memperhatikan orang lain , kurang bisa menyatakan pendapat , dan lebih fokus pada cara dibandingkan tujuan. Internet ialah anugerah baginya , alasannya yaitu dari sanalah dia bisa memberikan semua hal secara bebas (meskipun kadang kelewatan). Biasanya orang-orang ibarat ini bakal menjadi entrepreneur yang hebat.

3.4. Plegmatis

Plegmatis ialah kepribadian insan dengan sifat mudah bergaul , penyabar , selalu berusaha mencari jalan pintas , simpatik , sangat suka keteraturan , mempunyai selera humor yang tinggi namun sarkatik (bersifat mengejek/menyinggung) , kurang antusias pada hal gres , suka menunda , tidak suka dipaksa , lebih suka menonton daripada ikut terlibat , dan keras kepala. Orang dengan kepribadian ibarat ini seringkali disalahartikan sebagai psikopat.


Referensi:

  1. 9 TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA BERDASARKAN ENNEAGRAM ( /search?q=sosialisasi-dan-pembentukan-kepribadian)
  2. 4 Macam Tipe Kepribadian ( /search?q=sosialisasi-dan-pembentukan-kepribadian)
  3. 4 Kepribadian Manusia (Sanguin , Koleris , Melankolis , Plegmatis) ( /search?q=sosialisasi-dan-pembentukan-kepribadian)


Anda bisa request artikel perihal apa saja , kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Macam Kepribadian Manusia Menurut 3 Para Andal | Smp Pilpay"

Total Pageviews