Latest News

4 Hasil Ekskresi Hati Insan | Smp Pilpay

Hati atau liver yaitu cuilan sistem ekskresi pada manusia yang mengekskresikan empedu. Empedu tersebut berasal dari perombakan sel darah merah. Empedu mengandung beberapa zat yang merupakan hasil ekskresi hati. Berikut yaitu hasil-hasil ekskresi pada hati/liver manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Organ Hati dalam Sistem Ekskresi pada Manusia (Artikel Lengkap) Empedu tersebut berasal dari perombakan  4 Hasil Ekskresi Hati Manusia15 Manfaat Hati Manusia

Amonia yaitu senyawa dengan rumus NH3. Aromanya khas terutama pada urine. Amonia yaitu hasil dari deaminasi asam amino. Deaminasi yaitu pemindahan gugus amin (-NH) dari asam amino sehingga menjadi amonia. Deaminasi terjadi ketika tubuh kelebihan asam amino. Amonia yaitu zat beracun sehingga harus dikeluarkan dari tubuh. Enzim arginase yang terdapat di dalam hati bakal mengubah arginin (salah satu asam amino esensial) menjadi ornitin dan urea. Ornitin bakal mengikat amonia dan dikeluarkan melalui empedu dan selanjutnya ke urin.

3. Zat Warna Empedu

Zat warna empedu terdiri dari bilirubin , biliverdin , dan urobilin. Warnanya hijau kekuningan. Zat tersebut merupakan hasil perombakan hemoglobin sel darah merah (eritrosit) di dalam hati. Sedangkan empedu yaitu cairan bersifat basa yang pahit dan berwarna hijau kekuningan. Zat warna empedu juga mampu memberi warna pada feses dan urin.

Proses perombakan hemoglobin terjadi di dalam sinusoid yang banyak terdapat di dalam hati. Hemoglobin dirombak menjadi hemin , zat besi (Fe) , dan globin. Zat besi dan globin disimpan di dalam hati dan dikirim ke sumsum tulang merah untuk membentuk antibodi atau hemoglobin baru. Sedangkan hemin dirombak menjadi bilirubin dan biliverdin.

4. Sisa Obat-Obatan

Baca juga: 2 Faktor Genetik pada Metabolisme Xenobiotik

Hati juga berfungsi sebagai perombak obat-obatan dengan menetralkan racunnya. Hasilnya , urine menjadi berbau mirip obat setelah beberapa jam kita minum obat. Proses tersebut disebut metabolisme xenobiotik dengan pemberian beberapa enzim mirip sitokrom P450 oksidase , UDP-glukuronososiltransferase , dan glutathione S-transferase. Metabolisme ini terdiri dari 3 tahap. Pertama , xenobiotik (obat sintesis , racun alami , dan antibiotik) dioksidasi. Kedua , zat konjugat yang larut dengan air digabungkan menjadi molekul. Ketiga , xenobiotik larut air yang telah termodifikasi dipompa keluar dari sel dan organisme multiseluler bakal memetabolismenya sebelum diekskresi.


Sumber:

  1. Urea ( /search?q=sistem-ekskresi-pada-manusia-rangkuman)
  2. Metabolisme (Artikel Lengkap) ( /search?q=sistem-ekskresi-pada-manusia-rangkuman)


Anda mampu request artikel wacana apa saja , kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Hasil Ekskresi Hati Insan | Smp Pilpay"

Total Pageviews