Latest News

6 Cara Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa | Smp Pilpay

Seni ialah proses penciptaan yang menurut lisan manusia yang melibatkan keterampilan , imajinasi , atau teknik. Siapapun sanggup mengekspresikan diri melalui karya seni termasuk seni rupa. Seni rupa ialah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang sanggup ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan yakni dengan mengolah konsep titik , garis , bidang , bentuk , volume , warna , tekstur , dan pencahayaan dengan tumpuan estetika. Dalam membuat karya seni rupa , mungkin membutuhkan beberapa teknik khusus. Berikut ialah 6 langkah mengekspresikan diri melalui salah satu karya seni rupa ialah seni lukis. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

 ialah proses penciptaan yang menurut lisan manusia yang melibatkan keterampilan 6 Cara Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni RupaMenampilkan Sikap Apresiatif Terhadap Keunikan Gagasan dan Teknik Seni Rupa Murni Asia

Amatilah keadaan dan suasana di sekitar Anda. Termasuk suasana hati , emosi , logika , keinginan , gairah , perasaan , dan semangat yang ada di dalam diri Anda saat ini.

3. Menanyakan

Tanyakan kepada diri sendiri apa perasaan dan duduk perkara yang paling penting untuk diekspresikan saat ini. Paling penting yang dimaksud ialah saat Anda mengeluarkannya , maka tercipta perasaan damai , nyaman , dan damai di dalam diri Anda. Jadikanlah perasaan tersebut sebagai sumber wangsit , gagasan , dan ide untuk karya seni rupa Anda.

4. Mencoba

Baca juga: Makalah: Mengidentifikasi Seni Rupa Murni yang Diciptakan di Indonesia dan Asia

Cobalah untuk membayangkan dan mengimajinasikan lisan Anda dalam bentuk visual (lukisan). Tulislah di atas kertas dalam bentuk sketsa. Tidak ada batasan tertentu dalam proses ini. Lakukan sebebas-bebasnya sesuai lisan Anda saat ini. Walaupun bentuknya tidak beraturan semacam abnormal , tidak masalah. Yang terpenting ialah kepuasan Anda dalam berekspresi.

5. Menalar

Lakukan analisa terhadap seluruh denah yang Anda buat. Pilihlah dan kerjakanlah denah yang menurut Anda memungkinkan untuk dibuat dan perasaan Anda terhadap denah tersebut. Ketika Anda sangat ingin mengerjakan suatu sketsa , maka pilihlah denah tersebut. Tolok ukur yang utama ialah rasa kepuasan yang Anda alami.

6. Penyajian

Ketika karya Anda sudah selesai. Berilah bingkai pada lukisan tersebut. Sesuaikan warna , motif , materi , dan ukurannya. Setelah itu , bubuhkanlah tanda tangan Anda di salah satu sudut lukisan tersebut sebagai tanda bahwa Anda yang membuatnya. Siapkan sebuah kertas untuk menulis/mencetak gesekan pena yang berisi konsep , deskripsi , judul , ukuran , media , tahun , nama pencipta , dan foto lukisan. Tempelkanlah kertas tersebut di belakang kanvas.


Anda sanggup request artikel wacana apa saja , kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa | Smp Pilpay"

Total Pageviews