Latest News

15 Tumpuan Fenomena Sosial | Smp Pilpay

Fenomena sosial ialah gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan mampu diamati dalam kehidupan sosial. Banyak sekali fenomena sosial yang terjadi di sekitar kita. Fenomena sosial terjadi terutama di perkotaan dimana ada aneka macam masyarakat dari majemuk latar belakang ekonomi , daerah kelahiran , budaya , dan bahkan agama. Berikut ialah beberapa tumpuan fenomena sosial. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh)

peristiwa yang terjadi dan mampu diamati dalam kehidupan sosial 15 Contoh Fenomena Sosial10 Contoh Perubahan Sosial Budaya

  • Saling bergotong royong ketika terjadi petaka atau musibah.
  • Kebiasaan membuang sampah ke sungai/selokan.
  • Kebiasaan melanggar peraturan lalu lintas.
  • Kemiskinan.
  • Kebodohan.
  • Permasalahan antar SARA.
  • Tawuran.
  • Unjuk rasa.
    Baca juga: 5 Perubahan Sosial Dibidang Ekonomi
  • 15. Berikut ialah satu tumpuan teks eksplanasi ihwal fenomena sosial:

    Sampah ialah salah satu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat terutama di perkotaan. Jumlah penduduk yang meningkat membuat kebutuhan juga ikut meningkat. Akibatnya , volume sampah pun semakin meningkat. Belum lagi ditambah dengan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah masih kurang.

    Secara umum , sampah dibedakan menjadi dua kategori yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Contoh sampah organik ialah dedaunan dan sisa-sisa makanan. Sedangkan tumpuan sampah anorganik ialah plastik , kertas , dan kaleng.

    Namun , jangankan membedakan sampah , meminta masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya saja sangat sulit. Banyak orang yang seenaknya membuang sampah ke sungai atau ke selokan. Memang , dampaknya tidak terasa alasannya yaitu ialah volume sampah yang dibuang oleh satu orang sangat sedikit dan sampah itu eksklusif menjauh dari pandangan. Namun , jikalau banyak orang yang menyerupai itu , lama kelamaan sungai bakal tercemar dan jorok. Padahal sungai seharusnya bersih tanpa sampah. Selain itu , ada juga orang yang suka membuang sampah sembarangan , bahkan di daerah suci sekalipun.


    Referensi:

    1. Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh) ( /search?q=ekonomi-artikel-lengkap)
    2. Fenomena Sosial di Perkotaan (https://pramitadf.wordpress.com/2011/09/21/fenomena-sosial-di-perkotaan/)
    3. Contoh fenomena sosial yang negatif dan konkret (http://brainly.co.id/tugas/1854744)
    4. Apa tumpuan fenomena sosial? (https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20140122204634AANzjqe)
    5. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Sosial (http://www.astalog.com/1442/contoh-teks-eksplanasi-tentang-fenomena-sosial.htm)


    Anda mampu request artikel ihwal apa saja , kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "15 Tumpuan Fenomena Sosial | Smp Pilpay"

    Total Pageviews