Latest News

[Fisika] Gaya Antar Pmaknakel | Smp Pilpay


Adhesi
Adhesi adalah gaya tarik-menarik dua pMaknakel atau lebih yang tidak sejenis , menjadikan sebuah zat menempel pada zat lain. Contohnya ketika kita menumpahkan air dari dalam gelas kaca , masih ada sisa air yang menempel dalam gelas. Hal ini terjadi lantaran adanya gaya tarik-menarik antara pMaknakel air dengan pMaknakel gelas.

Kohesi
Kohesi adalah gaya tarik-menarik dua pMaknakel atau lebih yang sejenis , menimbulkan sebuah zat tidak mampu menempel pada zat lain. Contohnya air tidak mampu menempel di daun talas.

Adhesi dan kohesi juga mempengaruhi bentuk permukaan suatu zat cair dalam wadahnya. Permukaan air yang cekung disebut dengan meniskus cekung , sedangkan permukaan air yang cembung disebut meniskus cembung.

Misalnya ada 2 tabung kaca berisi air dan raksa. Maka tabung berisi air bakal membentuk meniskus cekung sedangkan tabung berisi raksa bakal membentuk meniskus cembung. Hal ini terjadi lantaran gaya adhesi antara air dengan kaca lebih besar daripada kohesi antara air dengan air. Sedangkan gaya adhesi antara raksa dengan kaca lebih kecil daripada kohesi antara raksa dengan raksa.

Adhesi dan kohesi juga mampu kuat pada gejala kapilaritas. Kapilaritas adalah naik atau turunnya cairan dalam pipa kapiler (pipa kecil). Menggunakan prinsip adhesi-kohesi di atas , maka yang terjadi ketika memasukkan tabung kapiler dalam air dan air raksa adalah mirip gambar berikut:

Begitu juga ketika kita memasukkan air dan raksa ke dalam pipa kapiler , maka kesannya mirip gambar berikut:


Contoh tanda-tanda kapilaritas adalah naiknya air dari akar ke ke daun pada tanaman , naiknya minyak tanah pada suhu kompor , dan basahnya tembok ketika hujan.

-CATATAN MATERI SMP-
catatanmaterismp.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Fisika] Gaya Antar Pmaknakel | Smp Pilpay"

Total Pageviews