Latest News

3 Pola Respirasi Anaerob Dan Manfaatnya

Respirasi anaerob ialah proses mobilisasi energi yg dilakukan oleh makhluk hidup pemecaan senyawa berenergi tinggi untuk dipakai dalam menjalankan fungsi hidup. Respirasi ini tidak melibatkan oksigen, melainkan menggunakan pernapasan rantai transpor elektron. Prokariota yg menggunakan respirasi anaerob mempunyai kegunaan bagi manusia. Berikut ialah pola respirasi anaerob dan manfaatnya. Langsung saja kita simak yg pertama:
Bagian Dari: Respirasi Anaerob (Maknakel Komplit)
 Respirasi anaerob ialah proses mobilisasi energi yg  dilakukan oleh makhluk hidup peme 3 Contoh Respirasi Anaerob dan Manfaatnya

1. Peristiwa Asam Laktat

Tidak hanya makhluk hidup prokariotik yg mengalami respirasi anaerob, insan juga mengalaminya tepatnya di sel otot. Peristiwa ini terjadi dikala insan menggunakan ototnya seCaranya maksimal sehingga pasokan oksigen berkurang. Hal itu menyebabkan terjadinya penimbunan asam laktat pada otot yg menyebabkan elastisitas otot menjadi berkurang. Saat elastisitas otot berkurang, otot bakal merasa kram dan kelelahan. Manfaatnya ialah supaya otot tidak dipakai seCaranya berlebihan.

2. Fermentasi Alk*hol

Baca juga: Bagaimana Proses Respirasi Eukariotik dan Prokariotik?
Fermentasi alk*hol menggunakan jamur ragi. Ragi tersebut bakal mengalami respirasi anaerob dan mengubah makanan menjadi lebih bercita rasa. Perubahan yg terjadi ialah dari asam piruvat menjadi etil alk*hol (C2H5OH). Manfaat dari fermentasi ini ialah untuk pembuatan pangan mirip tape ketan dan tape ketela.

3. Respirasi Sulfat

Respirasi sulfat ialah respirasi yg dilakukan oleh basil heterotrofik mirip desulfovibrio. Dalam proses respirasi sulfat, basil membutuhkan sulfat untuk dirubah menjadi sulfit. Manfaat respirasi sulfat ialah untuk mengembalikan nitrogen ke atmosfer dalam bentuk molekul gas nitrogen.



Anda dapat request Maknakel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

0 Response to "3 Pola Respirasi Anaerob Dan Manfaatnya"

Total Pageviews