Latest News

5 Bagian-Bagian Atom Beserta Penjelasan

Atom yaitu unit terkecil dari setiap unsur kimia dan materi. Setiap benda padat, cair, dan, gas terdiri dari atom. Ukuran atom sangat kecil dengan rata-rata ukuran sekitar 100 pm. Meskipun atom merupakan unit terkecil dari setiap benda, atom ternyata mempunyai beberapa bagian. Berikut yaitu bagian-bagian atom Komplit dengan klarifikasi fungsinya. Langsung saja kita simak yg pertama:

Baca juga: Struktur Atom (Materi Ringkasan)

Atom yaitu unit terkecil dari setiap unsur kimia dan bahan 5 Bagian-Bagian Atom Beserta PenjelasanPengertian Atom (Maknakel Komplit)

Inti atom yaitu bab tengah atom yg berukuran sangat kecil dan padat. Inti atom disebut juga nukleus atom. Inti atom terdiri dari proton dan neutron yg saling terikat bersama dan membentuk gaya nuklir. Inti atom ditemukan oleh Ernest Rutherford pada tahun 1911. Ukuran inti atom sangat kecil Jika dibandingkan dengan atom. Meskipun begitu, hampir semua massa atom berada di inti atom.

2. PMaknakel Subatom

PMaknakel subatom (terkadang disebut pMaknakel subatomik) yaitu pMaknakel yg berukuran jauh lebih kecil daripada atom. Jika disandingkan dengan sel, maka pMaknakel subatom itu yaitu organelnya. PMaknakel subatom terdiri dari elektron, proton, dan neutron dimana ketiganya itu termasuk fermion. Ada juga beberapa unsur yg tidak mempunyai keseluruhannya mirip atom hidrogen yg tidak mempunyai neutron dan ion hidron yg tidak mempunyai elektron.

3. Elektron

Baca juga: 5 Perkembangan Teori Atom (Maknakel Komplit)

Elektron yaitu pMaknakel subatom yg mempunyai muatan negatif. Simbol elektron yaitu e- atau β-. Elektron tidak mempunyai komponen lain sehingga sering dianggap sebagai pMaknakel dasar. Massa elektron sekitar 1/1836 kali massa proton. Jumlah elektron sama dengan jumlah proton.

4. Proton

Proton yaitu pMaknakel subatom yg mempunyai muatan positif. Simbol proton yaitu p atau p+. Massa proton dan neutron sama dan keduanya sanggup bergabung menjadi nukleus atom. Jumlah proton didefinisikan sebagai nomor atom. Dalam model standar fisika pMaknakel, proton terdiri dari tiga quark.

5. Neutron

Neutron yaitu pMaknakel subatom yg tidak mempunyai muatan (netral). Simbol neutron yaitu n atau n0. Proton dan neutron terikat bersama melalui gaya nuklir. Neutron mempunyai massa dan diameter yg hampir sama dengan proton. Dalam model standar fisika pMaknakel, neutron terdiri dari tiga quark dan gluon.


Referensi:

  1. Atom ( /search?q=struktur-atom-materi-ringkasan)
  2. SEKILAS TENTANG ATOM, PROTON, NEUTRON & ELEKTRON (https://www.facebook.com/notes/kf-bumi-alam-semesta/sekilas-tentang-atom-proton-neutron-elektron/162900670441912/)


Anda sanggup request Maknakel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

0 Response to "5 Bagian-Bagian Atom Beserta Penjelasan"

Total Pageviews