Latest News

2 Manfaat Nodus Ranvier

Nodus ranvier ialah bab akson yg tidak diisolasi oleh selubung mielin. Nodus ranvier kaya bakal kanal ion, sehingga terlibat dalam pertukaran ion yg diharapkan untuk meregenerasi potensial aksi. Konduksi sel saraf pada akson termielinasi merujuk pada konduksi saltatori (dari bahasa Latin saltare yg berMakna “melompat” atau “lompatan”) alasannya ialah kecenderungan potensial agresi untuk “melompat-lompat” dari satu nodus ke nodus lainnya pada akson. Berikut ialah fungsi nodus ranvier. Langsung saja kita simak yg pertama:
Bagian dari: Nodus Ranvier (Maknakel Komplit)
 sehingga  terlibat dalam pertukaran ion yg diharapkan untuk meregenerasi potensial agresi 2 Manfaat Nodus Ranvier

1. Mempercepat Aliran Potensial Aksi

Potensial agresi ialah lonjakan ion nyata dan negatif yg bergerak di sepanjang membran sel. Penciptaan dan konduksi potensial agresi merupakan sarana dasar komunikasi pada sistem saraf. Potensial agresi melaksanakan perjalanan dari satu lokasi ke lokasi di sel lain, tetapi pedoman ion melintasi membran hanya terjadi pada nodus ranvier alasannya ialah adanya natrium dan ion kalium.

2. Mendukung Konduksi Saltatori

Baca juga: 9 Bagian-Bagian Sel Saraf dan Fungsinya
Sejak akson sanggup dimielinasi, potensial agresi mempunyai dua metode untuk melewati akson yaitu metode konduksi berkelanjutan pada akson tidak termielinasi dan konduksi saltatori untuk akson bermielin. Konduksi saltatori didefinisikan sebagai potensial agresi yg bergerak melompat-lompat pada akson termielinasi. Proses ini diuraikan sebagai bergerak dari nodus ranvier satu ke nodus ranvier berikutnya.

Konduksi saltatori menunjukkan satu laba lebih daripada konduksi pada akson tanpa selubung mielin. Konduksi saltatori menciptakan pergerakan potensial agresi pada akson lebih cepat, selain itu juga lebih menghemat energi.



Anda sanggup request Maknakel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

0 Response to "2 Manfaat Nodus Ranvier"

Total Pageviews