Latest News

3 Lapisan Pada Paru-Paru

Paru-paru yaitu organ utama pada sistem pernapasan pada manusia yg bekerjasama dengan sistem ekskresi pada manusia dan sistem peredaran darah pada manusia. Manfaat utama paru-paru yaitu untuk melaksanakan respirasi (bernapas). Paru-paru dibungkus oleh selaput yg disebut pleura. Terdapat tiga lapisan pada pembungkus paru-paru ini, yaitu pleura visceral, kavum pleura, dan pleura varietal. Berikut yaitu klarifikasi 3 lapisan pada paru-paru. Langsung saja kita simak yg pertama:
Bagian dari: Paru-Paru (Maknakel Komplit)
paru dibungkus oleh selaput  yg disebut pleura 3 Lapisan pada Paru-Paru

1. Pleura Visceral

Pleura visceral yaitu membran serosa halus yg menutup pribadi paru-paru dan struktur lain mirip pembuluh darah, bronkus, dan serabut saraf. Pleura ini juga disebut pleura dalam. Pleura ini sedikit menukik ke dalam sampai terlihat membentuk garis pemisah lobus.

2. Kavum Pleura

Baca juga: 6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya
Kavum pleura yaitu rongga tipis berisi cairan antara dua pleura paru-paru. Cairan tersebut berperan sebagai pelumas pada pleura. Manfaat kavum pleura yaitu membantu paru-paru dikala bernapas sehingga antara paru-paru dan dinding rongga dada tidak saling bergesekan. Pada keadaan normal, kavum pleura hampa udara.

3. Pleura Parietal

Pleura parietal yaitu membran terluar pada paru-paru yg juga melapisi bab atas diafragma dan memisahkan kavum pleura dengan mediastinum (rongga di antara paru-paru kanan dan kiri yg berisi jantung dll). Pada pleura ini terdapat saraf intercostal dan saraf phrenic.



Anda sanggup request Maknakel ihwal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

0 Response to "3 Lapisan Pada Paru-Paru"

Total Pageviews