Latest News

Mengapa Tiongkok Disebut Negeri Tirai Bambu?

Tiongkok ialah sebuah negara di Asia Timur yg sekarang telah menjadi Keliru satu raksasa industri di dunia. Buktinya, hampir semua produk di dunia berisi goresan pena “Made in China”. Namun, sebelum itu, Tiongkok ialah negara yg serba tertutup dari dunia luar terutama dunia barat. Perbatasan pun dijaga sangat ketat. Akibatnya, sebagian besar rakyatnya menderita kelaparan. Seolah-olah Tiongkok ditutupi oleh sebuah tirai bambu. Namun mengapa Musti bambu?
Bagian Dari: 35 Daftar Julukan Negara-Negara di Dunia
 Tiongkok ialah sebuah negara di Asia Timur yg sekarang telah  menjadi Keliru satu raksasa i Mengapa Tiongkok Disebut Negeri Tirai Bambu?
Tirai bambu (garis hitam) pada tahun 1950-an
Bambu china (Bambusa multiplex) dikenal alasannya ialah sangat berpengaruh dan tidak Mudah patah. Negara Tiongkok identik dengan bambu mulai dari bangunan kunonya hingga panda yg gemar makan bambu muda. Selain itu, julukan itu untuk membedakannya dengan negara Rusia yg dijuluki tirai besi.
Baca juga: 10 Faktor yg Mempengaruhi Asia Timur Lebih Maju dari Asia Tenggara dan Asia Selatan
Meskipun Saat ini Tiongkok jauh lebih terbuka dan jauh lebih maju ketimbang Saat masa Perang Dingin, Tiongkok masih cocok disebut negeri tirai bambu, terutama pada perusahaan teknologi barat. Sampai Saat ini, Google, Facebook, dan situs-situs lain masih diblokir pemerintah Tiongkok. Itu justru mendorong rakyatnya untuk membuat situs alternatif yg membuat perekonomian Tiongkok berputar kencang. Contohnya Baidu, Tencent, dan Alibaba.


Referensi:
  1. Ini alasannya, Mengapa Cina dijuluki Negeri Tirai Bambu ( /search?q=35-daftar-julukan-negara-negara-di-dunia)



Anda dapat request Maknakel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

0 Response to "Mengapa Tiongkok Disebut Negeri Tirai Bambu?"

Total Pageviews