Latest News

Pengertian Standar Deviasi (Maknakel Komplit)

Dalam statistika, standar deviasi yaitu ukuran yg dipakai untuk mengukur jumlah variasi atau sebaran sejumlah nilai data.

Semakin rendah standar deviasi, maka semakin mendekati rata-rata, sedangkan jikalau nilai standar deviasi semakin tinggi maka semakin lebar rentang variasi datanya. Sehingga standar deviasi merupakan besar perbedaan dari nilai sampel terhadap rata-rata.


Standar deviasi juga disebut simpangan baku dan disimbolkan dengan alfabet Yunani sigma σ atau aksara Latin s. Dalam bahasa Inggris, standar deviasi disebut standard deviation.

Standar deviasi juga menyatakan keragaman sampel dan sanggup dipakai untuk mendapatkan data dari suatu populasi. Misalnya dikala kita ingin mengetahui nilai yg didapat siswa di suatu kabupaten dengan populasi siswa 50.000 orang, maka diambil sampel 5.000 orang. Dari hasil riset sampel didapat data dengan standar deviasi tertentu. Semakin besar standar deviasi, maka keragaman sampel semakin besar.



Anda sanggup request Maknakel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

0 Response to "Pengertian Standar Deviasi (Maknakel Komplit)"

Total Pageviews