Latest News

Pengertian Puisi (Maknakel Komplit)

Puisi ialah bentuk sastra yg mengungkapkan perasaan penyair dan disusun dengan menggunakan struktur bahasa, rima, irama, penghayatan, dan estetika. Puisi menggunakan bentuk dan memberikan perbedaan interpretasi terhadap kata-kata yg bertujuan membangkitkan respon emotif. Irama musik terkadang dipakai untuk mengiringi puisi. Demikian juga gaya bahasa ibarat metafora, simile, dan metonimia. Dalam bahasa Inggris, “puisi” disebut poetry.

Baca juga: 17 Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi

Puisi ialah bentuk sastra yg mengungkapkan perasaan penyair dan disusun dengan mengguna Pengertian Puisi (Maknakel Komplit)Bahasa Indonesia:

Puisi ialah nomina (kata benda) yg berMakna:

  1. Ragam sastra yg bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan baik.
  2. Gubahan dalam bahasa yg bentuknya dipilih dan ditata seCaranya cermat sehingga mempertajam kesadaran orang bakal pengalaman hidup dan membangkitkan jawaban khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.
  3. Sajak.

3. Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Berikut ialah beberapa pengertian puisi berdasarkan para andal bahasa:

  1. Menurut Ralph Waldo Emerson, puisi ialah sebuah pengajaran sebanyak mungkin dengan kata-kata yg lebih sedikit.
  2. Menurut Edwin Arlington Robinson, Puisi ialah suatu bahasa yg memberikan sesuatu yg sukar hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yg benar atau sebaliknya.
  3. Menurut Dresden, puisi ialah sebuah dunia dalam kata yg merupakan cerminan pengalaman, pengetahuan, dan perasan penyair.
  4. Menurut Ratih Mihardja, Puisi ialah seni tertulis dimana bahasa dipakai untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain Makna semantiknya.
  5. Menurut Putu Arya Tirtawirya, puisi ialah ungkapan seCaranya implisit dan samar, dengan makna yg tersirat, dimana kata-katanya condong pada makna konotatif.


Anda dapat request Maknakel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

0 Response to "Pengertian Puisi (Maknakel Komplit)"

Total Pageviews