Latest News

2 Macam Pernapasan Pada Manusia

Pernapasan ialah proses memasukkan udara dari luar badan ke paru-paru kemudian dikeluarkan lagi ke luar tubuh. Setiap makhluk hidup melaksanakan respirasi atau pernapasan. Bernapas dibutuhkan untuk mengambil oksigen yg berkhasiat bagi proses metabolisme serta membuang limbah metabolisme berupa uap air dan karbon dioksida. Proses pernapasan pada insan terdiri dari dua jenis, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut ialah klarifikasi jenis-jenis pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yg pertama:

Bagian dari: Sistem Pernapasan pada Manusia (Maknakel Komplit)

1. Pernapasan DadaPernapasan ialah proses memasukkan udara dari luar badan ke  2 Macam Pernapasan pada Manusiasaluran pernapasan. Saat terjadi ekspirasi (menghembuskan udara), otot antar tulang rusuk berelaksasi sehingga posisi tulang rusuk dan tulang dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru meningkat sehingga udara dari dalam paru-paru keluar dari badan melalui susukan pernapasan.

2. Pernapasan Perut

Pernapasan ialah proses memasukkan udara dari luar badan ke  2 Macam Pernapasan pada Manusia

Pernapasan perut ialah pernapasan yg melibatkan otot diafragma. Saat terjadi inspirasi, otot diafragma berkontraksi sehingga dada menjadi terangkat dan membesar. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru menurun sehingga udara luar masuk ke dalam paru-paru. Saat terjadi ekspirasi, otot diafragma berelaksasi sehingga posisi dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru meningkat sehingga udara di paru-paru keluar.


Anda dapat request Maknakel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

0 Response to "2 Macam Pernapasan Pada Manusia"

Total Pageviews