Latest News

Jangan Bubarkan Dpr! Berikut 3 Alasan Dan Solusinya

Akhir-akhir ini, sikap beberapa anggota dewan perwakilan rakyat semakin meresahkan masyarakat. Ada anggota yg suka nyinyir terhadap kinerja pemerintah, ada anggota yg sepertinya ingin sekali membubarkan atau melemahkan KPK, dan ada anggota yg pemalas sehingga banyak dingklik kosong Saat rapat paripurna. Kinerja dewan perwakilan rakyat juga dianggap tidak bagus, sebab aneka macam RUU yg belum selesai dibahas. Kepercayaan rakyat terhadap dewan perwakilan rakyat rendah. Padahal seharusnya fungsi dewan perwakilan rakyat RI mewakili rakyat Indonesia dalam legislatif. Dewan Perwakilan Rakyat kok tidak mewakili rakyat?

Baca juga: Sistem Pemerintahan Indonesia (Maknakel Komplit)

 sikap beberapa anggota dewan perwakilan rakyat semakin meresahkan masyarakat Jangan Bubarkan DPR! Berikut 3 Alasan dan SolusinyaPeran Presiden dalam Mengelola Sosial Budaya

Coba bayangkan bila tidak ada DPR. Mungkin saja pemerintah bakal bertindak sewenang-wenang selama masa jabatannya tanpa ada yg mengawasi. Rakyat tidak bakal bisa melaksanakan apa-apa sebab tidak mempunyai kekuatan aturan untuk menjatuhkan pemerintah. Meskipun Saat ini pemerintah bekerja dengan sangat baik, bukan mustahil pemerintah bakal mengeluarkan kebijakan yg tidak disukai masyarakat. Di sanalah dewan perwakilan rakyat bertindak.

Memang, ada negara yg tidak mempunyai legislatif, ibarat Arab Saudi. Namun disana kekuasaannya dipegang oleh Raja. Raja Arab Saudi mempunyai kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif sekaligus sehingga sangat absolut. Sistem ibarat itu mustahil diadakan di Indonesia sebab tidak sesuai dengan konstitusi.

2. Kerja dewan perwakilan rakyat Bisa Dipantau

Media memang langka memberitakan apa yg dilakukan DPR, mungkin sebab kurang menarik pemirsa. Mungkin itu alasan banyak masyarakat yg menganggap kerja dewan perwakilan rakyat hanya tidur, duduk manis di ruang sidang, jalan-jalan keliling Indonesia bahkan luar negeri, menikmati akomodasi mewah, menghambur-hamburkan uang, korupsi, mencari proyek, dan mendapatkan honor dan derma tinggi.

Akhir-akhir ini, di beberapa televisi swasta, dewan perwakilan rakyat kerap menayangkan program TV Parlemen. Tujuannya ialah untuk memberitakan apa yg sedang dilakukan DPR. Mungkin ini Keliru satu upaya dewan perwakilan rakyat untuk meningkatkan citranya di mata masyarakat yg selama ini diberitakan media hanya yg jelek-jelek saja.

Padahal, kita bisa memantau kinerja dewan perwakilan rakyat seCaranya transparan dan selalu diperbarui setiap hari. Cobalah cek situs resmi dewan perwakilan rakyat RI. Disana Anda bisa melihat informasi wacana DPR, agenda mereka hari ini dan yg bakal datang, laporan rapat kerja DPR, bahkan Anda juga bisa melihat perkembangan RUU yg sedang dibahas DPR.

Selain itu, Anda juga bisa melaksanakan pengaduan masyarakat. Coba cek kontaknya. Anda juga bisa mengakses sosial media resmi dewan perwakilan rakyat untuk melihat perkembangannya pribadi melalui sosial media favorit Anda. Ikuti juga Youtube dewan perwakilan rakyat untuk melihat video aCaranya DPR.

Mengapa ini penting? Karena ini semacam edukasi bagi masyarakat dan pemberitaan. Sehingga kita tidak terlalu antipati terhadap DPR. Justru sebab antipati itulah muncul anggota-anggota dewan yg tidak berempati terhadap masyarakat sebab mereka menganggap tidak ada masyarakat yg peduli terhadap DPR. Padahal dewan perwakilan rakyat sangat penting bagi keberlangsungan pemerintahan di Indonesia.

3. Apa yg Musti Kita Lakukan Untuk Meningkatkan Kinerja DPR?

Jangan golput Saat pemilihan umum legislatif. Jadilah pribadi yg lebih kritis. Jika masyarakat kritis yg antipati terhadap dewan perwakilan rakyat selalu golput, maka peluang terpilihnya calon legislatif yg jelek menjadi sangat tinggi. Apalagi angka politik uang di Indonesia pada Saat pileg masih sangat tinggi. Dengan menentukan sesuai pilihan kita (tidak sesuai dengan uang yg mereka berikan), kita bisa setidaknya mendapatkan anggota dewan perwakilan rakyat yg lebih baik dibandingkan Saat kita golput.

Baca juga: Sistem Politik Indonesia (Materi Ringkasan)

Bagaimana Caranyanya menentukan anggota legislatif yg baik? Perhatikan kinerjanya. Jika kinerjanya di masa kemudian jelek atau bahkan dicaci maki masyarakat, jangan dipilih. Internet memudahkan kita untuk mencari rekam jejak setiap calon legislatif. Pilihlah dari partai politik yg berdasarkan Anda sanggup mewakili aspirasi Anda. Jangan terbuai dengan janji, apalagi dengan uang. Jika Anda tidak lezat menolak uang tersebut, terima saja uangnya, tapi sebaiknya jangan pilih orangnya. Karena dipastikan calon itu jikalau terpilih bakal melaksanakan apa saja supaya “balik modal”.

Untuk beraspirasi, seCaranya individu memang kurang memperlihatkan imbas signifikan. Aspirasi bakal lebih signifikan jikalau disuarakan melalui berserikat dan berkumpul. Namun, Anda bisa ikut beraspirasi melalui media sosial. Setidaknya, Anda ikut dalam keramaian netizen yg juga ingin menyuarakan aspirasi yg sama. Peluang didengar anggota dewan perwakilan rakyat juga semakin besar.


Anda bisa request Maknakel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

0 Response to "Jangan Bubarkan Dpr! Berikut 3 Alasan Dan Solusinya"

Total Pageviews