Latest News

32 Pengertian Seni Berdasarkan Para Ahli

Seni yaitu ragam kegiatan insan dalam hal penciptaan karya visual, auditori, atau pertunjukan yg mengekspresikan imajinasi atau kemampuan teknis pencipta dengan tujuan untuk diapreasi keindahannya atau kekuatan emosinya. Sesungguhnya, sulit mendefinisikan seCaranya universal apa itu seni. Karena setiap orang punya pandangannya masing-masing. Ada yg menyampaikan itu seni, dan ada juga yg tidak. Maka dari itu, kita Musti memahami pengertian seni dari banyak sekali sudut pandang orang-orang yg sudah mahir di bidangnya. Berikut yaitu beberapa pengertian seni berdasarkan para ahli. Langsung saja kita simak yg pertama:

Bagian dari: Pengertian Seni (Maknakel Komplit)

Seni yaitu ragam kegiatan insan dalam hal penciptaan karya visual 32 Pengertian Seni Menurut Para Ahliseni yaitu kemampuan luar biasa yg dimiliki atau dibawa semenjak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni yaitu suatu media yg sanggup melaksanakan suatu aCaranya tertentu.

3. Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni yaitu kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yg dimilikinya yg bersangkutan dengan kiprah dan fungsinya sebagai seniman.

4. Aristoteles

Seni yaitu hasil peniruan terhadap alam tetapi sifatnya Musti ideal.

5. Nanang Rizali

Seni yaitu manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta insan yg mencakup seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.

6. Ki Hajar Dewantara

Seni yaitu hasil keindahan yg sanggup menggerakan perasaan indah orang yg melihatnya. Menurut beliau, perbuatan insan yg sanggup menimbulkan perasaan indah sanggup dikategorikan sebagai seni.

7. Al-Farabi

Seni yaitu ciptaan yg berbentuk keindahan.

8. Irma Damayanti

Seni yaitu intisari verbal dari banyak sekali kreativitas manusia.

9. Al-Ghazali

Seni yaitu hasil kerja yg dilahirkan jiwa dan rasa insan sesuai dengan fitrahnya.

10. Plato dan Rousseau

Seni yaitu suatu hasil peniruan yg ada di alam dengan segala seginya.

11. Yekti Herlina

Seni yaitu media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi pikirannya.

12. Kottak

Seni yaitu kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yg melebihi keasliannya serta pembagian terstruktur mengenai objek-subjek terhadap kriteria estetis.

13. Ahmad Zaenuri

Seni yaitu perjuangan seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yg sanggup diterima oleh dunia eksternal.

14. Ahdian Karta Miharja

Seni yaitu kegiatan rohani yg merefleksikan realitas dalam suatu karya yg bentuk dan isinya sanggup membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

15. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni yaitu gerakan batin dengan pengalaman gaya yg dikomunikasikan dalam struktur yg mulia, mempunyai kemampuan untuk memanggil perasaan keajaiban dan perasaan.

16. J.J. Hogman

Seni yaitu sesuatu yg mempunyai unsur ide, aktivitas, dan artefak.

17. Sartono Kartodirdjo

Seni yaitu sebuah sistem yg koheren, karya bisa menjalankan komunikasi seCaranya efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menyampaikan seCaranya universal.

18. Drs. Sudarmaji

Seni yaitu segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

19. Popo Iskandar

Seni yaitu hasil ungkapan emosi yg ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

20. Ira Ardianti

Seni yaitu sebuah proses dan produk dalam menentukan media, suatu aliran peraturan untuk menggunakan media itu, dan satu set nilai-nilai itu yg menentukan apakah yg pantas dituangkan melalui verbal lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, maupun kepercayaan dengan Caranya yg seefektif mungkin.

21. Schopenhauer

Seni yaitu setiap perjuangan dalam membuat segala bentuk yg sanggup menyenangkan perasaan.

22. Koentjaraningrat

Seni yaitu suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aCaranya dan tindakan berpola dari insan dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

23. Eric Ariyanto

Seni yaitu suatu kegiatan rohani atau aCaranya batin yg direfleksikan dalam bentuk karya yg sanggup membangkitkan perasaan orang lain yg melihat atau mendengarkannya.

24. William A. Haviland

Seni yaitu penggunaan imajinasi insan seCaranya kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

25. Harry Sulastianto

Seni yaitu suatu keahlian dalam mengekspresikan banyak sekali macam wangsit dan aliran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan dan imajinasi pandangan bakal suatu benda dan suasana, atau karya yg sanggup menumbuhkan rasa indah sehingga bisa membuat peradaban yg lebih maju lagi.

26. Leo Tolstoy

Seni yaitu ungkapan perasaan pencipta yg disampaikan kepada orang lain semoga mereka sanggup mencicipi apa yg dirasakan seniman.

27. ChMaknan Muler

Seni yaitu sesuatu yg dihasilkan dari unsur rasa yg berafiliasi dengan karya cipta seseorang.

28. Nandawan L. Hasanah

Seni yaitu suatu verbal yg ditunjukkan oleh insan yg mempunyai unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yg konkret dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.

29. Nuning Y. Damayanti

Seni yaitu proses dari insan dan oleh alasannya yaitu itu merupakan sinonim dari ilmu.

30. Alexander Baum Garton

Seni yaitu keindahan dan tujuan yg positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

31. Thomas Munro

Seni yaitu alat buatan insan yg menimbulkan efek-efek psikologis atas insan lain yg melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

32. Emanuel Kant

Seni yaitu sebuah harapan alasannya yaitu rumus-rumus tidak sanggup mengikhtiarkan kenyataan.


Referensi:

  1. 10 pengertian seni berdasarkan pendapat para mahir ( /search?q=pengertian-seni-Maknakel-Komplit)


Anda bisa request Maknakel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat komentar dibawah :)

0 Response to "32 Pengertian Seni Berdasarkan Para Ahli"

Total Pageviews