Latest News

Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Tanggapan Kurikulum 2013(Essay) - Foldersoal.Com - Portal Latihan Soal Un | Uambn Uasbn Unbk

Soal soal geografi kelas 10 semester 1 beserta jawabannya untuk siswa SMA/MA/Sederajat belahan yang pertama , berisikan bahan ihwal "Pengetahuan Dasar Geografi" , ibarat ruang lingkup geografi , konsep essesial geografi , objek studi geografi , prinsip geografi , pendekatan geografi , dan aspek geografi.

Berikut , pola soal essay geografi kelas X Semester 1 beserta tanggapan kurikulum 2013 (K13).

1. Contoh lingkungan fisik adalah....
Jawaban: tanah , air , dan iklim

2. Varenius membagi geografi  menjadi dua , yaitu....
Jawaban: geografi umum dan geografi khusus

3. Menurut ajaran fisis determinis , kehidupan insan ditentukan oleh....
Jawaban: alam

4. Konsep esensial geografi yang berkaitan dengan bentuk muka bumi adalah....
Jawaban: konsep morfologi

5. Pendekatan keruangan menganalisis tanda-tanda atau fenomena geografi berdasarkan....
Jawaban: persebarannya dalam ruang

6. Fenomena atmosfer , hidrosfer , dan biosfer termasuk dalam objek kajian geografi , yaitu....
Jawaban: objek material

7. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut....
Jawaban: kartografi

8. Prinsip geografi yang menyatakan korelasi antara tanda-tanda geografi yang satu dengan tanda-tanda geografi yang lain di muka bumi merupakan prinsip....
Jawaban: interrelasi

9. Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani , yaitu kata....
Jawaban: geo dan graphien , yang artinya goresan pena ihwal bumi

10. Cabang geografi yang mempelajari suatu wilayah tertentu setrik khusus adalah....
Jawaban: geografi regional

11. Jelaskan pengertian konsep aglomerasi dan berikan pola bentuk aglomerasi yang ada di perkotaan!
Jawaban: Konsep aglomerasi menjelaskan mengapa suatu fenomena geografi cenderung mengelompok. Contohnya , penduduk di perkotaan cenderung tinggal setrik mengelompok pada tingkat sosial yang sejenis , ibarat permukiman elit atau glamor , permukiman khusus pedagang , kompleks perumahan pegawai negeri , atau permukiman kumuh.

12. Berikan pola kajian geografi dengan menggunakan pendekatan keruangan , pendekatan ekologi , dan pendekatan kompleks wilayah!
Jawaban:
a. Contoh kajian geografi dengan menggunakan pendekatan keruangan:
Pada isu terkini hujan , Jakarta mengalami peristiwa banjir. Hal ini dikarenakan tidak ada tanah yang sanggup dijadikan tempat peresepan air , lahan dipakai untuk pemukiman , kantor , dan jalan. Selain itu , penduduknya membuang sampah di susukan air.

b. Contoh kajian geografi yang menggunakan pendekatan ekologi
Daerah Jakarta banjir sebab hutan di tempat Boor/puncak telah rusak akhir penggundulan hutan.

c. Contoh kajian geografi yang menggunakan pendekatan kompleks wilayah
Untuk mengatasi banjir di Jakarta , Pemerintah Daerah DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Daerah tempat sekitarnya (Bogor , Depok , Tangerang , dan Bekasi) untuk memperbaiki DAS dan menggalakkan penghijauan.

13. Jelaskan yang dimaksud dengan geosfer! Berikan pola tanda-tanda maupun fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan geosfer!
Jawaban: geosfer merupakan lingkup kajian geografi yang terdiri atas komponen utama , yaitu atmosfer , litosfer , biosfer , hidrosfer , dan antroposfer , dengan menekankan antroposfer sebagai makhluk yang paling berperan dalam biosfer. Contohnya , dalam mengkaji duduk kasus banjir , geografi tidak hanya melihat luas genangan , kedalaman , dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia; tetapi juga dikaji bagaimana latar belakang timbulnya banjir , bagaimana penggunaan lahan di tempat hulu , penggarapan lahan , kemiringan lerengnya , intensitas hujan dan faktor sosial budaya penduduk di tempat hulu sungai ibarat jumlah dan kepadatan penduduk , pemilikan lahan , trik penggarapan lahan , tingkat pendidikan , pendapatan , dan kebiasaan-kebiasaan lainnya dalam memanfaatkan lingkungan. Kemudian juga dilihat bagaimana peranan tempat hilir sebagai tempat limpasan air ibarat lebar dan kedalaman sungai , pengunaan lahan , serta faktor sosial budaya ekonomi penduduknya di sekitar sungai.

14. Sebutkan dan jelaskan empat prinsip geografi!
Jawaban:
a. Prinsip persebaran
Geografi menganut prinsip persebaran sebab adanya persebaran fenomena geografi , baik yang menyangkut kondisi fisik maupun sosial yang tidak merata di muka bumi ini.

b. Prinsip interrelasi
Prinsip interrelasi menyatakan bahwa terdapat korelasi antara tanda-tanda geografi yang satu dengan tanda-tanda geografi yang lain di muka bumi , ibarat korelasi antara tanda-tanda fisik dengan tanda-tanda fisik , antara tanda-tanda fisik dengan tanda-tanda sosial , dan atara tanda-tanda sosial dengan tanda-tanda sosial.

c. Prinsip deskripsi
Prinsip deskripsi merupakan trik pemaparan hasil pengkajian studi geografi terhadap tanda-tanda , fenomena atau duduk kasus yang ada , yang dipakai untuk menjelaskan karakteristik tanda-tanda geografi yang dipelajari korelasi antargejala , dan distribusi keruangannya.

d. Prinsip korologi
prinsip korologi menganut keterpaduan antara ketiga prinsip sebelumnya , yaitu dengan mengkaji persebaran , interrelasi , dan deskripsi suatu wilayah.

15. Jelaskan ilmu geografi memerlukan ilmu penunjang lainnya!
Jawaban: dalam mempelajari ilmu geografi dibutuhkan pertolongan ilmu-ilmu lain , tujuannya agar mendapat hasil yang maksimal.

Lanjut ke soal nomor 16-30 => Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay) Part-2
Berbagai Sumber

0 Response to "Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Tanggapan Kurikulum 2013(Essay) - Foldersoal.Com - Portal Latihan Soal Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews