Latest News

Contoh Soal Usbn Pai Sma Kurikulum 2006 Beserta Jawabannya Part-5 -Foldersoal.Com - Portal Latihan Soal Un | Uambn Uasbn Unbk

Tulisan soal-soal USBN Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2006 yang sedang anda baca ini , merupakan bagain kelima atau terakhir. Bila sebelumnya , soal PAI cuilan pertama hingga keempat (soal nomor 31-40) , berbentuk PG , maka untuk cuilan kelima , soal berbentuk essay/uraian.

Berikut , pola soal USBN PAI Sekolah Menengan Atas beserta kunci jawabannya.

41. Perhatikan kutipan ayat di bawah ini.



Tentukan aturan tajwid pada lafadz-lafadz yang bergaris bawah dan jelaskan alasannya!
Jawaban:
1 : Mad jaiz munfashil , bacaan ya dibaca panjang 4-6 harakat. Asalnya suara ya dibaca 2 harakat (mad thabi’i) namun sebab berhadapan dengan hamzah di lafadz lain maka dibaca panjang menjadi 4-6 harakat (mad jaiz munfashil).
2 : Alif lam syamsyiyah. Huruf lam ialah salah satu aksara syamsiyah.
3 : Idzhar syafawi.Huruf mim sukun bertemu dengan aksara ta.
4 : Alif lam qamariyah. Huruf mim ialah salah satu aksara qamariyah
5. : Lafdzul jalalah dibaca tafkhim (tipis , aksara lam dibunyikan la) sebab aksara sebelum lafadz jalalah berharakat kasrah.

42. Adanya media umum ketika ini turut mempermudah penyebaran banyak sekali macam gosip termasuk gosip bohong (hoax). Berdasarkan Al Alquran , jelaskan apa yang sanggup dilakukan agar kita sanggup terhindar dari gosip bohong tersebut?
Jawaban:
1) Tetap menjadikan Al Alquran sebagai fatwa pemberitaan.
2) Tidak semua gosip yang beredar ialah gosip yang benar , oleh sebab itu kebenaran gosip harus diperjelas.
3) Berita bohong (hoax) ialah gosip yang tidak sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh sebab itu hindari untuk meneruskannya kepada orang lain.
4) Jangan terlalu gampang untuk meneruskan sebuah gosip , sebab kita sanggup menjadi salah satu mata rantai penyebar hoax yang sanggup menjadi fitnah dan mengakibatkan keresahan.
5) Semua gosip yang kita terima harus dicerna terlebih dahulu.

43.  Jelaskan efek jelek sikap hasad dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban: Perilaku hasad atau dengki ialah harapan agar kenikmatan yang dimiliki orang lain hilang. Kebiasaan ini harus dihindari sebab sanggup menghancurkan. Sifat ini timbul sebab adanya rasa iri dan merasa tidak bahagia melihat orang lain menerima karunia. Sifat ini harus dihindari sebab sanggup menumbuhkan sifat jelek yang lain menyerupai rakus , tamak , dendam dan rasa permusuhan. Dari sisi spiritual sifat ini sanggup menghilangkan kebaikan yang sudah dilakukan.

44. Jelaskan tata trik menguburkan mayat , mencakup ketentuan liang lahat dan langkah-langkah menguburkannya!
Jawaban:
1) Ketentuan liang lahat : liang lahat dibentuk dengan kedalaman setinggi orang remaja ditambah setengah lengan , panjang sesuai dengan badan mayat , lebar sekitar 1 meter , dasar lubang dibentuk miring ke arah kiblat.
2) Langkah-langkah menguburkan :
- Jenazah dimasukkan ke dalam lubah dalam keadaan miring menghadap kiblat. Letakkan mayat sambil membaca : “Bismillahi wa’ala millati rasulillah”
- Lepaskan tali-tali kafan , tutup dengan bambu atau kayu
- Timbunlah dengan tanah. Tinggikan sekitar satu jengkal dan di cuilan kepala diberi kerikil nisan.
- Setelah selesai menguburkan , bacakanlah doa ampunan bagi jenazah.

45.  Indonesia ialah negara yang lebih banyak didominasi penduduknya muslim , sangat bermacam-macam suku , bahasa , budpekerti istiadat , serta agama. Meski demikian muslim Indonesia selalu hidup berdampingan dengan non muslim lainnya. Agar tetap terjalin relasi yang baik antara muslim dan non muslim:
a. Bagimanakah sebaiknya berdakwah agar tidak menyinggung dan menyakiti orang lain?
b. Bagaimana trik meneladani dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah untuk diterapkan di Indonesia?
Jawaban:

1. a.  berdakwah setrik santun dan lemah lembut
b.  memberi pemahaman yang logis dan rasional
c.  memberi pesan yang tersirat yang baik
d.  berdiskusi/berdialog dengan baik
e.  saling menghormati pendapatnya orang lain
f.  tidak menyinggung SARA
g.  tidak memaksa
h.  tidak menggunakan kekerasan atau ancaman.

2. a.  mengikuti keadaan terlebih dahulu dengan audiens/mustami’/obyek dakwah
b.  pahami karakter obyek dakwah
c.  pererat silaturrahmi
d.  saling tolong menolong
e.  Sabar dan gigih
f.  suka memberi maaf
g.  mulailah mencar ilmu agama

Baca juga: Contoh Soal USBN PAI Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya
Berbagai Sumber

0 Response to "Contoh Soal Usbn Pai Sma Kurikulum 2006 Beserta Jawabannya Part-5 -Foldersoal.Com - Portal Latihan Soal Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews