Melanjutkan goresan pena Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) kepingan pertama (soal nomor 1-10) , essay kepingan kedua berisikan materi yang sama dengan soal PG B.Indonesia kepingan ketiga , yaitu perihal Debat.
Berikut , rujukan soal essay b. Indonesia kelas 10 semester dua K13 dengan kunci jawabannya , dimulai dari soal nomor 11.
11. Jelaskan banyak sekali metode yang sanggup dipakai dalam aktivitas debat!
Jawaban: ada beberapa metode yang sanggup diterapkan dalam debat , yaitu sebagai berikut.
a. Metode kecerdikan sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam menggunakan ilmu logika.
b. Metode dialektika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam bertanya. Kegiatan debat dilakukan dengan memilih penanya dan penjawab bergantaian.
12. Apa yang dimaksud dengan debat? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!
Jawaban: debat merupakan aktivitas laga argumentasi dalam mendiskusikan dan tetapkan duduk kasus atau perbedaan , yang dilakukan dua pihak atau lebih , baik setrik perorangan maupun kelompok.
13. Jelaskan perbedaan antar debat antartim dan debat Lincoln-Douglas!
Jawaban:
a. Debat antartim merupakan salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan , setiap tim mempunyai dua segmen untuk menyajikan argumen bagi pihak mereka. Di babak kedua perdebatan , setiap tim mempunyai dua segmen untuk membantah argumen dari pihak lawannya dari babak pertama tadi.
b. Perdebatan Lincoln-Douglas merupakan jenis perdebatan yang dibuat untuk memungkinkan satu pihak menyajikan argumen mereka. Kemudian , tim lain mengusut silang argumen tersebut. Tim kedua menyajikan argumen mereka dan tim pertama yang akan mengusut silang argumen tersebut. Akhirnya , setiap tim diberi kesempatan untuk saling memperlihatkan sanggahan terakhir.
14. Jelaskan perihal peraturan dalam debat parlemen!
Jawaban: debat parlementer bukanlah debat kusir atau laga argumen tanpa peraturan , sepeti yagn umum dikenal di Indonesia. Dalam sistem debat DPR , setiap tim akan dterdiri atas beberapa pembitrik (dua pada British , dan tiga pada Asian dan Australasian). Masing-masing tim akan berada di sisi yang berlawanan (Affirmative/Gkelewat / overnment dan Negative/Opposition) dengan stance-nya masin-masing terhadeap suatu topik yang dikenal dengan sebutan motion (yang berarti pergerakan , alasannya pada sistem debat parlementer , topik yang dibahas selalu berupa suatu perubahan yang akan diterapkan di dunia global , terutama negara-negara demokratis).
15. Bagaimana trik berdebat dengan benar? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!
Jawaban: trik debat yang baik atau benar harus dilandasi dengan hukum yang berlaku. Misalnya , tidak ada penghinaan. Menyampaikan kritik dengan pedas yaitu sah , tetapi kalau hingga menghina pihak lawan (personally) , itu tentu tidak dibenarkan. Untuk itu , dalam aktivitas debat sangat diharapkan seorang moderator yang sanggup bertindak atau menengahi program debat tersebut , sehingga sanggup mencegah hal-hal jelek atau negatif yang terjadi dalam debat.
16. Sebutkan banyak sekali alasan yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk melaksanakan debat!
Jawaban: ada banyak sekali alasan yang mendorong orang untuk berdebat , antara lain sebagai berikut.
a. Meyakinkan orang lain bahwa opini beliau lebih baik
b. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu.
c. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah
17. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam menganalisis isi debat!
Jawaban:
a. Menuliskan 5W + 1H yang dibitrikkan
b. Menentukan topik pembitrikan dalam debat
c. Menentukan tema debat
d. Menyimpulkan isi debat dengan alasan logis
18. Sebutkan trik-trik untuk menangkap dan menafsirkan topik dalam suatu debat!
Jawaban:
a. Kuasailah topik yang akan diperdebatkan
b. Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran
c. Kupaslah topik tersebut setrik mendalam
d. Tangkaplah penafsiran topik pembitrikan debat dengan trik memahami konsep inti yang dibitrikkan.
19. Sebutkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk memberikan gagasan dalam debat!
Jawaban:
a. Sampaikanlah gagasan dengan terperinci dan dengan argumen yang masuk akal!
b. Gunakan bahasa yang baik dan benar
c. Sesuaikan gagasan dengan topik yang diperdebatkan
d. Gunakan lafal , bunyi , dan intonasi yang jelas
20. Sebutkan banyak sekali hal yang sanggup dilakukan untuk membuat kesimpulan pada final program debat!
Jawaban:
a. Kumpulkan semua hasil debat
b. Simpulkan dengan bahasa yang singkat , padat , dan jelas
c. Kesimpulan harus mewakili seluruh rangkaian debat.
d. Gunakan bahasa yang baik dan benar
e. Buatlah kalimat-kalimat yang bersifat persuasif.
Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-3 Berbagai Sumber
Berikut , rujukan soal essay b. Indonesia kelas 10 semester dua K13 dengan kunci jawabannya , dimulai dari soal nomor 11.
11. Jelaskan banyak sekali metode yang sanggup dipakai dalam aktivitas debat!
Jawaban: ada beberapa metode yang sanggup diterapkan dalam debat , yaitu sebagai berikut.
a. Metode kecerdikan sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam menggunakan ilmu logika.
b. Metode dialektika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam bertanya. Kegiatan debat dilakukan dengan memilih penanya dan penjawab bergantaian.
12. Apa yang dimaksud dengan debat? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!
Jawaban: debat merupakan aktivitas laga argumentasi dalam mendiskusikan dan tetapkan duduk kasus atau perbedaan , yang dilakukan dua pihak atau lebih , baik setrik perorangan maupun kelompok.
13. Jelaskan perbedaan antar debat antartim dan debat Lincoln-Douglas!
Jawaban:
a. Debat antartim merupakan salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan , setiap tim mempunyai dua segmen untuk menyajikan argumen bagi pihak mereka. Di babak kedua perdebatan , setiap tim mempunyai dua segmen untuk membantah argumen dari pihak lawannya dari babak pertama tadi.
b. Perdebatan Lincoln-Douglas merupakan jenis perdebatan yang dibuat untuk memungkinkan satu pihak menyajikan argumen mereka. Kemudian , tim lain mengusut silang argumen tersebut. Tim kedua menyajikan argumen mereka dan tim pertama yang akan mengusut silang argumen tersebut. Akhirnya , setiap tim diberi kesempatan untuk saling memperlihatkan sanggahan terakhir.
14. Jelaskan perihal peraturan dalam debat parlemen!
Jawaban: debat parlementer bukanlah debat kusir atau laga argumen tanpa peraturan , sepeti yagn umum dikenal di Indonesia. Dalam sistem debat DPR , setiap tim akan dterdiri atas beberapa pembitrik (dua pada British , dan tiga pada Asian dan Australasian). Masing-masing tim akan berada di sisi yang berlawanan (Affirmative/Gkelewat / overnment dan Negative/Opposition) dengan stance-nya masin-masing terhadeap suatu topik yang dikenal dengan sebutan motion (yang berarti pergerakan , alasannya pada sistem debat parlementer , topik yang dibahas selalu berupa suatu perubahan yang akan diterapkan di dunia global , terutama negara-negara demokratis).
15. Bagaimana trik berdebat dengan benar? Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri!
Jawaban: trik debat yang baik atau benar harus dilandasi dengan hukum yang berlaku. Misalnya , tidak ada penghinaan. Menyampaikan kritik dengan pedas yaitu sah , tetapi kalau hingga menghina pihak lawan (personally) , itu tentu tidak dibenarkan. Untuk itu , dalam aktivitas debat sangat diharapkan seorang moderator yang sanggup bertindak atau menengahi program debat tersebut , sehingga sanggup mencegah hal-hal jelek atau negatif yang terjadi dalam debat.
16. Sebutkan banyak sekali alasan yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk melaksanakan debat!
Jawaban: ada banyak sekali alasan yang mendorong orang untuk berdebat , antara lain sebagai berikut.
a. Meyakinkan orang lain bahwa opini beliau lebih baik
b. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu.
c. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah
17. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam menganalisis isi debat!
Jawaban:
a. Menuliskan 5W + 1H yang dibitrikkan
b. Menentukan topik pembitrikan dalam debat
c. Menentukan tema debat
d. Menyimpulkan isi debat dengan alasan logis
18. Sebutkan trik-trik untuk menangkap dan menafsirkan topik dalam suatu debat!
Jawaban:
a. Kuasailah topik yang akan diperdebatkan
b. Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran
c. Kupaslah topik tersebut setrik mendalam
d. Tangkaplah penafsiran topik pembitrikan debat dengan trik memahami konsep inti yang dibitrikkan.
19. Sebutkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk memberikan gagasan dalam debat!
Jawaban:
a. Sampaikanlah gagasan dengan terperinci dan dengan argumen yang masuk akal!
b. Gunakan bahasa yang baik dan benar
c. Sesuaikan gagasan dengan topik yang diperdebatkan
d. Gunakan lafal , bunyi , dan intonasi yang jelas
20. Sebutkan banyak sekali hal yang sanggup dilakukan untuk membuat kesimpulan pada final program debat!
Jawaban:
a. Kumpulkan semua hasil debat
b. Simpulkan dengan bahasa yang singkat , padat , dan jelas
c. Kesimpulan harus mewakili seluruh rangkaian debat.
d. Gunakan bahasa yang baik dan benar
e. Buatlah kalimat-kalimat yang bersifat persuasif.
Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-3 Berbagai Sumber
0 Response to "Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013(Wajib) Part-2 - Foldersoal.Com - Portal Latihan Soal Un | Uambn Uasbn Unbk"